Keblinger

Keblinger

Wisata Korea Seoul

| Selasa, 20 September 2011
han-gang-riverSalah satu keuntungan mengunjungi tempat wisata korea khususnya Seoul adalah lokasinya mudah di jangkau oleh sarana transportasi umum . Hanya dalam jangka waktu setengah hari saja , saya bersama kedua sahabat mampu mengunjungi 3 tempat wisata sekaligus yaitu di taman yeoeuido , sungai han gang , dan museum nasional Korea  . Kebetulan sekali ketiga tempat ini di hubungkan dengan jarak yang berdekatan , sehingga kami punya 2 alternatif untuk menuju ke lokasi yang satu
ke lokasi lainnya .

Alternatif pertama dengan jalan kaki sambil menikmati keindahan kota Seoul , menghirup kebersihan dan kesejukan udara di kota Seoul . Sedangkan alternatif kedua dengan naik kereta bawah tanah . Di sini kami di sajikan pemandangan megah dan mewah gaya arsitektur bangunan stasiun daerah Seoul . Kalau saya pribadi menilai , meskipun sifatnya lokal kemegahan dan kemewahanya tidak kalah jauh dengan Bandara International Soekarno Hatta . Padahal bangunan stasiun yang seperti ini tidak hanya satu , bahkan hampir stasiun kereta bawah tanah khususnya daerah Seoul pasti memiliki gaya arsitektur yang mewah dan megah . Suatu saat nanti kalau sampeyan ke sini dan melihatnya dengan mata kepala sendiri , saya yakin sampeyan akan takjub , heran , seakan tidak percaya bahwa bangunan yang seperti itu terletak di bawah tanah dan kalau di lihat dari atas hanya seperti toko kecil biasa . Saya sendiri sangat menyayangkan semua ini , kenapa bukan Indonesia ya ? kok Korea  , seandainya semua ini adalah Indonesia .
Sesampainya di stasiun tujuan ( stasiun yeoeuido ) , kami bertiga sepakat untuk ke taman yeoeuido terlabih dahulu . Taman ini seperti terletak di tengah kota , atau mungkin saja di sebut taman kota . Sehubungan hari minggu , tempat ini sangat ramai di kunjungi orang . Mayoritas dari mereka adalah kedua orang tua bersama anaknya dan beberapa pasangan anak muda . Berdasarkan penilaian saya , taman ini tidak terlalu istimewa . Tidak ada nilai khas tersendiri kalau di bandingkan taman kota lainnya dan tidak jauh berbeda . Saya sempat ambil foto di sini sebagai kenang kenangan , sekaligus sebagai ajang narsis diri .
Dari taman yeoeuido , berjalan kaki menuju sungai han gang kurang lebih dengan jarak 1 km . Begitu sampai sungai han gang , saya benar benar di hanyutkan oleh keindahan sungai ini . Masalah yang menyelimuti kepala serasa hilang seketika melihat sungai han gang . Hanya saja yang sangat di sayangkan , kami telat beberapa menit ketika datang ke sini . Kami tidak bisa menaiki perahu besar mengelilingi keindahan kota Seoul dari sisi sungai han gang . Kalau sampeyan tertarik untuk naik perahu ini seperti gambar di atas , sampeyan cukup merogoh saku sebesar 13.000 won atau 107.900 rupiah ( kurs 8,3 ) . Dengan perahu ini sampeyan akan di bawa melihat keindahan kota Seoul dari pinggiran sungai han gang selama 70 menit dan menuju Tamsil yang juga merupakan tempat wisata semacam dunia fantasi kalau di Indonesia . Untuk jadwal pemberangkatan perahu ini dari han gang yeoeuido , jam 11: 30 , 14 : 20 , dan 17 : 40 . Itu jadwal yang saya sempat ingat kemaren , dan kami tiba di lokasi sekitar jam 14 : 40 . Dengan penuh penyesalan kami tidak bisa menaiki perahu  , kalaupun harus menunggu jam 17 : 40 , resiko pasti terlambat sewaktu pulang nanti .
Sepertinya waktu masih memungkinkan untuk jalan jalan , dan tempat selanjutnya museum nasional Korea . Dari sungai han gang menuju museum nasional Korea dengan kereta bawah tanah hanya beberapa menit saja , mungkin hanya melewati 1 atau 2 stasiun . Dalam perjalanan ini , kami sempatkan untuk sekedar lewat di depan KBRI Korea . Karena hari minggu KBRI tutup , kami pun tidak mampir dan langsung menuju moseum nasional Korea . Dengan membeli tiket seharga 3000 won untuk orang dewasa , 2000 won untuk anak anak kita bisa melihat berbagai macam benda bersejarah dari bumi Korea . Di mulai dari bebatuan di jaman purba , hiasan dinding , pagoda , peralatan perang dan banyak lagi benda bersejarah lainya bisa sampeyan lihat di sini. Untuk bangunann museum nasional Korea terhitung besar dan luas dengan lantai bertingkat 2 , jadi benda benda yang di sajikan sangat komplit dan membuat pengunjung sangat puas . Gambar di samping ini saya ambil dari halaman moseum , karena di dalam moseum tidak di perbolehkan mengambil gambar tanpa adanya ijin terlebih dahulu dan saya yakin sampeyan juga sudah tau akan hal itu .
Sampeyan pasti berpikir ” wah enak ya bisa tinggal di Korea , bisa jalan jalan di negeri gingseng yang indah itu ” . Kebetulan sekali kedua teman saya di sini adalah pecinta wisata dan salah satunya  adalah guide untuk Korea sewaktu di Bali Indonesia dulu . Dan ia di Korea kurang lebih 13 tahun lamanya , sedangkan yang satunya sudah hampir 7 tahun tinggal di Korea . Jadi sebagai teman mereka , tentu saja saya juga mengikuti  jejak mereka sebagai pecinta wisata . Kalau saja tanpa mereka , saya tidak yakin apakah saya bisa menikmati keidahan wisata Korea ini .



 

Copyright © 2010 TsugaharaAizawa Blogger Template by Dzignine