Keblinger

Keblinger

Okonomi-yaki

| Rabu, 21 September 2011
Okonomi-yaki

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

    ・80 gram cumi ・200 gram kol  ・1 butir telur  ・100 gram tepung terigu  ・½ gelas air (100 mililiter)  ・½ sendok teh garam (2,5 gram)  ・Merica untuk perasa  ・1 sendok teh kecap asin (5 mililiter)  ・Minyak sayur untuk menggoreng Untuk saus ・2 sendok makan saus tomat (30 mililiter)  ・1 sendok makan kecap asin (15 mililiter)  ・Mayonnaise (kalau suka)
Okonomi-yaki Okonomi-yaki Okonomi-yaki

Cara Memasak

  1. Potong cumi-cumi bentuk dadu ukuran satu sentimeter. Cincang halus kol hingga berbentuk dadu ukuran setengah sentimeter.
  2. Kocok telur di dalam mangkuk. Tambahkan air, lalu bumbui dengan garam, kecap asin dan merica. Masukkan sedikit demi sedikit tepung ke dalam adonan.
  3. Masukkan cumi-cumi dan kol, aduk hingga tercampur merata dengan adonannya.
  4. Panaskan penggorengan atau wajan datar dan lapisi dengan sedikit minyak. Tuangkan seluruh campuran adonan tadi dan ratakan hingga berbentuk lingkaran dengan ketebalan sekitar 2 sentimeter. Tutup penggorengan dan biarkan di atas api kecil selama 7-8 menit. Bila bagian bawahnya sudah berubah menjadi berwarna coklat keemasan, balikkan. Tambahkan sedikit minyak ke dalam penggorengan dan biarkan selama 7-8 menit hingga matang.
  5. Campur saus tomat dan kecap asin. Sajikan Okonomi-yaki di atas piring dan beri saus tadi di atasnya. Bila suka, bisa juga ditambahkan mayonnaise.
Beragam jenis Okonomi-yaki
Okonomi-yaki dapat dibuat dengan berbagai macam bahan isi. Daging babi dan kol adalah bahan yang umum, tapi bahan isi menggunakan gurita, mentaiko (telur ikan yang dibumbui pedas), keju, kimchi (asinan sayur yang dibumbui pedas ala Korea) dan mochi Jepang juga populer. Okonomi-yaki juga dapat disajikan dengan lapisan mi goreng, yang dinamakan Modan-yaki. Ada dua gaya utama Okonomi-yaki: ala Kansai dan ala Hiroshima. Ala Kansai mencampurkan bahan isi dengan adonannya, sementara ala Hiroshima terlebih dulu memasak adonannya dengan tipis seperti crepe kemudian diberi kol, daging, mi goreng, telur atau bahan isi lainnya. Asal mula Okonomi-yaki bisa ditelusuri pada makanan yang terbuat dari adonan tepung dan air yang disajikan dalam jamuan minum teh Sen no Rikyū, tokoh abad ke-16 yang sangat berjasa mengembangkan acara jamuan teh di Jepang. Di zaman Meiji yang berawal pada akhir abad ke-19, kios-kios jalanan menjual Yōshoku-yaki (‘crepe ala Barat’) yang terdiri dari lapisan adonan tipis yang diberi taburan irisan ikan cakalang, bawang daun dan saus. Makanan itu terkenal di kalangan rakyat biasa.


 

Copyright © 2010 TsugaharaAizawa Blogger Template by Dzignine