Keblinger

Keblinger

Satsuma-imo no Mushi-pan (Roti Kukus Ubi)

| Rabu, 21 September 2011
Satsuma-imo no Mushi-pan (Roti Kukus Ubi)

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

    Untuk 12 roti kukus ・200 gram ubi ・2 sendok makan kismis ・150 gram tepung terigu ・2 sendok teh baking powder (8 gram) ・1 butir telur ・60 gram gula ・Sedikit garam ・1 sendok makan minyak sayur (15 mililiter) ・6 sendok makan air (90 mililiter)
Satsuma-imo no Mushi-pan (Roti Kukus Ubi) Satsuma-imo no Mushi-pan (Roti Kukus Ubi) Satsuma-imo no Mushi-pan (Roti Kukus Ubi)

Cara Memasak

  1. Potong ubi bentuk dadu berukuran 1 sentimeter, rendam dalam air agar tidak berubah warna. Bilas dan rendam kismis.
  2. Siapkan cangkir-cangkir kecil tahan api dan lapisi dengan kertas minyak. Ayak terigu setelah dicampur garam dan baking powder.
  3. Pisahkan kuning dan putih telur ke dalam mangkuk berbeda. Aduk rata minyak sayur, air dan gula (sisihkan 1 sendok makan) bersama dengan kuning telur. Kocok putih telur; tambahkan 1 sendok makan gula tadi dan kocok hingga putih telurnya halus dan kaku.
  4. Aduk campuran kuning telur ke dalam kocokan putih telur, kemudian masukkan tepung terigu. Aduk. Tiriskan ubi dan kismis lalu campurkan ke dalam adonan.
  5. Masukkan campuran adonan ke dalam cangkir atau cetakan; tempatkan di dalam kukusan dan kukus pada panas tinggi selama 20 menit.
Aneka macam Mushi-pan (roti kukus)
Mushi-pan atau roti kukus adalah kudapan populer di Jepang. Sudah sejak lama orang membuatnya di rumah. Ubi, mugwort, dan kacang merah azuki merupakan sebagian isi yang biasa digunakan. Banyak orang sekarang ini lebih memilih membeli roti-roti kukus daripada membuatnya sendiri. Roti kukus yang dibuat dengan gula merah, keju dan lain-lain dijual di toko roti, toko 24 jam dan pasar swalayan. Mushi-pan berasal dari baozi dan mantou, yaitu roti kuskus Cina yang terbuat dari terigu, yang diperkenalkan ke Jepang sekitar abad ke-13 dan 14. Namun roti kukus ketika itu belum dikenal luas hingga zat ragi, seperti soda kue, mudah didapat di abad ke-19. Roti-roti kukus biasa dihidangkan di rumah dengan semakin tersedianya terigu di masa pasca perang. Banyak daerah di Jepang yang memiliki roti kukus khasnya sendiri. Provinsi Iwate terkenal dengan ganzuki yaitu roti kukus dengan bagian atas diberi taburan biji wijen dan kenari. Sementara Provinsi Fukushima terkenal akan miso-pan yaitu roti kukus dengan adonan yang dicampur pasta miso.


 

Copyright © 2010 TsugaharaAizawa Blogger Template by Dzignine