Keblinger

Keblinger

Hal-hal yang menarik tentang Korea

| Senin, 19 Desember 2011

1. Guru/dosen adalah profesi yang sangat dihormati dan dijunjung tinggi seumur hidup. Pendapatan para guru.dosen pun tergolong tinggi disana. Hanya orang-orang yang terpilih yang bisa lolos jadi guru/dosen disana. Dan penghormatan terhadap guru adalah kewajiban.
2.Orang Korea memiliki nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa dan negaranya. Mereka bangga menggunakan produk buatan Korea.
3.Jika di Indonesia angka 13 dianggap angka sial, kalo di Korea adalah angka 4.

4. Prinsip mereka adalah waktu adalah uang,, jadi gk ada istilah malas-malasan. Budaya senggol menyenggol ketika mengantri atau berjalan kaki,,disana biasa karena semua serba terburu waktu.

5. Korea adalah negara yang jika bekerjasama..tidak mau prinsip seluruhnya ditanggung, mereka senangnya 50%-50% karena sama-sama menguntungkan.. Mereka juga menganut sistem kerjasama kota kembar. Misalnya, proyek Surabaya=sebuah kota di Korea Selatan.

6. Korea adalah investor kelima di Indonesia..sedangkan Indonesia adalah negara ke 12 yang memegang peranan penting bagi Korea.

7.Orang Korea yang sudah tua/berumur..kelihatannya masih muda, padahal sudah tua. Resepnya katanya suka olahraga hiking dan rajin makan KIMCHI (makanan khas Korea seperti asinan sayur)

8.Makan merupakan hal sangat penting sebagai sarana keakraban, negosiasi, dll. Oleh karena itu, sapaan “Sudah makan?” merupakan sapaan yang SANGAT LAZIM seperti halnya selamat pagi,siang,sore,malam.
9. Umur orang Korea dihitung mulai saat janin berada dalam kandungan. Jadi begitu bayi lahir umurnya sudah 1 tahun.
10.Saat berkunjung ke rumah orang Korea, tamu tidak perlu melepas alas kaki (kaos kaki makusdnya)..karena dianggap tidak sopan jika bertelanjang kaki.

11.Tidak boleh menulis menggunakan tinta berwarna merah

12. Di Indonesia sering juga kita menjumpai kebiasaan untuk melarang menggunakan tinta berwarna merah saat menulis. Umumnya karena dianggap tidak sopan. Tapi tinta merah di Korea Utara hanya boleh digunakan untuk menulis nama-nama orang yang sudah meninggal dunia
13.Ada chanel TV yang khusus menayangkan permainan Video Game
14.Ada sebuah saluran televisi yang khusus menyiarkan sebuah permainan yang disebut dengan nama Paduk. Ini sebuah permainan yang mirip seperti permainan catur. Selain itu ada saluran TV lainnya yang hanya menayangkan kegiatan para remaja bermain video game.
15.Tayangan iklan di TV lebih lama

16.Di Indonesia maupun di banyak Negara lainnya, tayangan iklan di TV bisa dipastikan durasinya lebih sedikit dibandingkan dengan durasi acara utama. Tapi di Korea Utara justru sebaliknya, tayangan komersial (iklan) justru yang memiliki durasi lebih banyak. Hingga acara utamanya terasa hanya sebagai selingan.

16.Negara dengan banyak loudspeaker
17.Negara dengan istana-istana besar
18.Yang unik dan aneh di Korea UtaraNegara dengan bangunan hotel tertinggiPernah mendengar nama Ryugyong Hotel? Konon bangunan ini sering diolok-olok dengan sebutan The Pyongyang Ghost Tower. Sebuah bangunan setinggi 330 meter yang direncanakan sebagai hotel dan terletak di kota Pyongyang. Pembangunannya dimulai pada tahun 1987 dan karena pemerintah mengalami kesulitan keuangan, proyek ini terhenti pada tahun 1992. Dan baru pada bulan April 2008 yang lalu pembangunannya dilanjutkan lagi. Bayangkan, selama 16 tahun bangunan raksasa ini terbengkalai. Dikabarkan hotel dengan kapasitas 3.000 kamar ini direncanakan akan rampung pada tahun 2012.

19.Tidak menggunakan pisau
20. Tidak ada mobil-mobil buatan Jepang

21.Korea menjadi satu-satunya negara yang tidak memiliki mobil-mobil buatan Jepang yang berkeliaran di jalan-jalan di negara itu. Mobil-mobil buatan Negara lain pun tidak akan kita jumpai. Semua mobil harus buatan Korea Utara.

22.Nomor-nomor rumah yang membingungkan

23.Di banyak negara, termasuk Indonesia, penomoran rumah sebagai alamat biasanya dilakukan dengan urut. Jika rumah Anda bernomor 27 maka rumah di sebelah akan bernomor 28, contohnya seperti itu. Tapi penomoran rumah secara urut seperti itu tidak berlaku di Korea Utara. Bisa saja terjadi di sebelah rumah bernomor 1 adalah rumah dengan nomor 88, sementara rumah dengan nomor 2 justru berada di ujung jalan. Setelah diperhatikan, ternyata penomoran rumah disesuaikan dengan usia rumah tersebut. Sebuah rumah yang berusia paling tua yang terletak di sebuah jalan maka rumah itu akan diberi nomor 1. Rumah dengan nomor 2 adalah rumah yang dibangun setelah rumah yang bernomor 1 tadi. Begitulah seterusnya.


 

Copyright © 2010 TsugaharaAizawa Blogger Template by Dzignine